Posted by : Jalan-jalan Asik 12 Okt 2015

 
Turun dari gunung Ijen dengan kaki pegal dan badan letih terus dapat tawaran mandi di pemandian air panas itu rasanya seperti kehausan di panas terik kemudian disodorin segelas orange jus. Tawaran yang tepat buat merilekskan otot-otot kaki yang kaku.

Dari parkiran Paltuding di gunung Ijen mobil elf membawa saya dan teman-teman seperjalanan ke kawasan Pabrik Kopi Kebun Blawan, tepatnya di desa Kalianyar, kecamatan Sempol, kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Kurang lebih 30 menit dari parkiran Paltuding ke arah jalur Ijen lewat Bondowoso.

 
Pemandangan yang asri begitu memasuki kawasan perkebunan dengan sungai yang mengalir di sisi kanan jalan. Ada 3 objek wisata yang bisa kita kunjungi di sini yaitu pemandian air panas, air terjun Blawan dan Gua Kapur berjarak kurang lebih 1 KM dari pintu gerbang kawasan pabrik. Yang menarik perhatian saya adalah halaman rumah-rumah penduduknya dipenuhi tanaman sayur dan bunga, hijau dan penuh warna-warni bunga yang bemekaran. Nah, jika di Paltuding kita kehabisan penginapan di kawasan Pabrik Kopi Kebun Blawan ini tersedia banyak penginapan.



Saya sudah tak sabar segera ingin rileks berendam air panas begitu mobil elf parkir di depan pintu masuk pemandian air panas. Untuk menemukan Pamandian air panas kami harus berjalan kurang lebih 300 meter dengan struktur jalan yang naik turun, cukup membayar tiket lima ribu rupiah kita sudah bisa berendam di kolam yang tak begitu luas dan merasakan pijatan alami. Setelah berendam saya pun bersih-bersih di kamar mandi yang ada di samping kolam, airnya pun panas langsung dari sumber mata air.



Setelah badan segar bugar kami mulai beranjak mencari air terjun Blawan yang letaknya tak jauh dari pemandian air panas, berjalan ke arah belakang lokasinya sedikit tersembunyi. Mengikuti papan petunjuk akhirnya kami menemukan lokasi air terjun Blawan dengan membayar tiket masuk Rp. 2.000.


Air mengalir dari dinding tanah di sisi kiri yang berasal dari aliran sungai Kali Pahit, yang juga merupakan tempat pembuangan air dari kawah ijen. Air terjun setinggi kurang lebih 30 meter ini berwarna kuning tak lain karena kandungan belerang, kepulan uapnya menutupi dinding-dinding hijau dan tebing curam  disekitarnya. Air dari air terjun ini berjalan turun ke bumi atau tidak mengalir ke permukaan bumi, tapi masuk ke suatu trowongan atau sungai yang berada di bawah tanah yang kemudian ditampilkan lagi atau muncul di Asembagus, Kabupaten Situbondo ke Laut Jawa.

Sebagian dari kami sempat mengunjungi Gua Kapur tak jauh dari air terjun Blawan, sedangkan saya memilih kembali ke parkiran mobil mengingat hari telah beranjak sore dan gelap.

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © Jalan-jalan Asik - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -